About

Senin, 22 April 2019

KULIAH LAPANGAN ARSITEKTUR TOUR GOES TO JAPAN


KULIAH LAPANGAN ARSITEKTUR TOUR GOES TO JAPAN



Kon'nichiwa..

Disini saya akan bercerita dan memberikan sedikit informasi tentang peran saya dalam Kuliah Lapangan Arsitektur Tour ini, mengenai pembuatan video saat di lapangan, apa saja peran yang ada dalam pembuatan video ini dll.

Shiawasena dokusho..


Pada tanggal 9 maret 2019. Universitas Gunadarma mengadakan Kuliah Lapangan Arsitektur Tour. Pada saat itu Kuliah Lapangan Arsitektur Tour atau disebut KLA Tour ini mengadakan ke Jepang. Tapi sebelum keberangkatan kami, diberikan tugas yang berhubungan dengan KLA Tour ini, yaitu pembuatan video berdurasi pendek atau sedang yang meneliti tentang bangunan arsitektur yang ada di Jepang.

Pembuatan video berdurasi pendek atau sedang ini memiliki prosedur, mulai dari pembuatan story board, pembuatan narasi, video pembukaan, hingga isi dari video pembelajaran tersebut. Pembagian wilayah penelitian diberikan sebelum kami berangkat ke Jepang, kami mendapati penelitian arsitektur lanskap yang berada di UENO PARK.

UENO PARK adalah salah satu taman wisata terbaik di Jepang. Karna wilayah taman ini sangat luas, dan dengan jumlah kelompok yang sedikit. Maka kami hanya mengambil beberapa bangunan dan wilayah taman untuk penelitian, dengan jumlah kelompok 17 orang, lalu mengambil 6 wilayah penelitian, yaitu diantaranya : Tokyo bunka , Ueno Toshogu Shirine, Benten Temple, National Museum of Western, Kiyomizu Kannon do Temple, dan Kan’ei-ji Tample.


Pembagian kelompok pembuatan video mulai dari Produser, Research, Creative, Kamera, Editor, Director, Script Writer, Narator, dan Crew. Saya berperan sebagai Crew yang merangkap sebagai Creative. Pada awalnya, memang diberikan tugas masing masing, agar nanti tidak bingung harus mengerjakan apa pada saat di tempat penelitian, tetapi mungkin karna kami amatir, yang tidak biasa membuat video dan tau step step yang seharusnya dipikirkan, maka semua peran yang sudah dibagikan menjadi saling merangkap, atau membantu satu sama lain.

Setelah kami berada di Jepang, kami memulai dengan peran kami masing masing, tetapi pasti ada saja kendalanya, mulai dari batre kamera habis, tangan cameramen/juru kamera gemeteran, gangguan pada saat pengambilan video, pengunjung memenuhi wilayah penelitian, stabilizer yang tiba tiba tidak dapat dipakai, dan lain lain.


Saya mendapat wilayah Kan’ei-ji Tample bersama 2 orang teman saya, 1 sebagai cameramen, 2 sebagai crew dan creative. Pada saat penelitian kami sudah mengantisipasi adanya cuaca yang tidak mendukung pada saat kami penelitian. Namun, kami beruntung, karna saat kami penelitian cuaca mulai cerah, dan kami dapat melakukan penelitian dengan baik.

Pada saat kami penelitian, cameramen yang seharusnya tahu angle pengambilan video yang baik dan bagus, tetapi mungkin karna panik, saya dan teman saya yang hanya sebagai crew dan creative, membatu cameramen melakukan tugasnya, dengan mengarahkan pengambilan angle, membantu mengurutkan pengambilan video, mencoba coba pengambilan arah video mulai dan selesai, membantu memegangi barang barang, menghalangi sedikit orang yang ingin lewat, membatu mengarahkan moment yang pas untuk di jadikan konten, dan memback up dengan menggunakan handphone. 

Setelah pengambilan wilayah penelitian selesai, kami mencoba ngambil angle video dengan sisi kegiatan yang ada di UENO PARK, seperti orang orang yang bersantai di taman, mahasiswi yang sedang asik berkumpul dengan teman teman, membuat time lapse air mancur , dan mengambil gambar binatang yang ada disana.


Pengambilan gambar yang tidak hanya dari wilayah penelitian akan digunakan sebagai pembuka ataupun penutup video. Pengerjaan video ini buat cukup lama karna yang diperlukan tidak hanya sedikit, diantaranya yaitu : alur cerita, kualitas gambar, logo Gunadarma itu sendiri, pembahasan yang harus dimasukkan mulai dari makro, mezo , mikro. Backsound yang harus diatur dan sesuai, dan yang paling penting adalah inti dari penelitian tersebut yaitu membahas tentang wilayah yang telah dibagi yaitu UENO PARK.

Masih banyak lagi yang belum dan masih di kerjakan, kita sebagai kelompok memiliki tugas masing masing, tetapi kita disini juga harus saling membantu ataupun membackup satu sama lain. Sampai saat ini pengerjaan video masih berlangsung, kami hanya memberitahu sedikit mengenai informasi tentang KLA Tour ini, trimakasih karna telah membaca, saya harap informasi ini sangat membantu.


Dōmo Arigatō… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar